Belajar Pemerintahan Di Negara Arab Saudi 10 Hal Ini Wajib Kamu Ketahui

Pemimpin Negara Arab Saudi yaitu Raja Salman bin Abdul-Azis al-Saud akan berkunjung ke Indonesia. Dilansir dari liputan6.com (26/02) Raja akan berkunjung dari tanggal 1-9 Maret 2017. Raja Salman akan membawa rombongan yang berjumlah 1500 orang dalam beberapa pesawat jenis boeing, diantaranya Boeing 777, Boeing 737-800, Boeing 747-400, dan Boeing 757.

Negara Arab Saudi telah lama menjadi salah satu negara yang paling familiar bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya karena Arab Saudi menjadi tujuan perjalanan haji sebagai bagian rukun Islam yang ke-lima, tetapi juga karena banyak kerja sama dalam berbagai bidang seperti ekonomi, budaya, dan pendidikan dilakukan dengan negara ini. Berikut beberapa fakta tentang Arab Saudi yang mungkin belum kamu tahu:

1. Nama Arab Saudi dalam bahasa Arab-nya adalah Al-Mamlakah al-‘Arabiyah as-Sa’udiyah.

11 Fakta Negara Arab Saudi yang Mungkin Belum Kamu Tahu
http://sufimedan.blogspot.co.id/

Raja Abdul Aziz bin Rahman Al Saud, atau Ibnu Saud, dianggap sebagai Bapak Negara Arab Saudi. Ibnu Saud adalah salah satu dari sedikit orang dalam sejarah yang namanya dijadikan nama negaranya. Al-Mamlakah al-‘Arabiyah as-Sa’udiyah berarti Kerajaan Arab Saudi.

Negara ini mempunyai bendera berwarna hijau yang bertuliskan kalimat syahadat disertai gambar pedang di bagian bawahnya. Lambang negaranya yaitu dua pedang yang bersilangan dengan sebatang pohon palem di ruang terbuka di antara pedang-pedang tersebut. Pedang-pedang melambangkan dua daerah, yaitu Hijaz dan Nejd yang disatukan di bawah Ibnu Saud pada tahun 1926. Lagu kebangsaannya adalah Aash Al-Maleek.

2. Negara Arab Saudi terletak di Benua Asia.

11 Fakta Negara Arab Saudi yang Mungkin Belum Kamu Tahu
http://rahmatkusnadi6.blogspot.co.id

Arab Saudi sering disebut sebagai bagian negara Timur Tengah. Secara geografis Arab Saudi sebenarnya terletak di Benua Asia, tepatnya Asia Barat dan merupakan negara terbesar ke-lima di Asia.

3. Pemerintahan Arab Saudi berbentuk monarki absolut.

11 Fakta Negara Arab Saudi yang Mungkin Belum Kamu Tahu
http://bisnis.liputan6.com/

Pemimpinnya saja seorang raja, jadi pasti bentuk pemerintahannya adalah monarki. Berbeda dengan Inggris yang berbentuk monarki konstitusional, Kerajaan Arab Saudi berbentuk monarki absolut dimana semua kekuasaan berada di tangan Raja. Kerajaan ini didirikan pada tanggal 23 September 1932. Raja pertama Negara Arab Saudi adalah Ibnu Saud dan kini dipimpin oleh Raja Salman bin Abdul Azis Al-Saud.

4. Ibu Kota Negara Arab Saudi bukan Mekkah.

11 Fakta Negara Arab Saudi yang Mungkin Belum Kamu Tahu
https://www.noosanews.com.au/

Bisa jadi saking familiarnya sebagai tujuan perjalanan haji, Kota Mekkah dianggap sebagai ibu kota Arab Saudi. Tetapi ibu kota Negara Arab Saudi adalah Kota Riyadh. Kota Riyadh juga menjadi kota terbesar di negara ini.

5. Arab Saudi terkenal sebagai negara minyak.

11 Fakta Negara Arab Saudi yang Mungkin Belum Kamu Tahu
http://infostudikimia.blogspot.co.id/

Negara ini merupakan produsen dan pengekspor minyak terbesar di dunia, mengontrol cadangan minyak terbesar kedua di dunia, dan memiliki cadangan gas terbesar keenam di dunia.

6. Arab Saudi merupakan salah satu negara pendiri OPEC dan OKI.

11 Fakta Negara Arab Saudi yang Mungkin Belum Kamu Tahu
http://www.republika.co.id/

Organisasi negara-negara pengekspor minyak bumi atau dalam bahasa resminya Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) didirikan melalui Konferensi Baghdad yang diadakan di Baghdad, Irak pada tanggal 10-14 September 1960 oleh lima negara pendiri yang sekaligus menjadi negara-negara anggota pertama OPEC, yaitu Arab Saudi, Iran, Irak, Kuwait dan Venezuela.

Selain OPEC, Arab Saudi juga menjadi pemrakarsa lahirnya OKI atau Organisasi Konferensi Islam (sekarang Organisasi Kerja sama Islam) sebagai reaksi atas pembakaran Masjid Al-Aqsha yang terjadi pada tanggal 21 Agustus 1969. Atas prakarsa Raja Hassan II dari Maroko dan Raja Faisal dari Arab Saudi dibentuklah panitia penyelenggara KTT yang beranggotakan 6 negara. Enam negara ini kemudian dikenal sebagai pendiri OKI. Keenam negara tersebut adalah Malaysia, Arab Saudi, Somalia, Pakistan, Maroko, dan Nigeria.

7. Arab Saudi memiliki bandar udara terbesar di dunia.

11 Fakta Negara Arab Saudi yang Mungkin Belum Kamu Tahu
http://www.salam-online.com/

Bandar Udara Internasional Raja Fahd berdiri di atas lahan seluas 780 km² atau sekitar 77.600 hektar. Bandara ini  terletak 20 km ke arah barat laut dari Kota Dammam di Arab Saudi. Ini adalah bandara terbesar di dunia yang dioperasikan oleh General Authority of Civil Aviation. Bandara ini diresmikan pada tahun 1999.

8. Arab Saudi menggunakan kalender Bulan Islam.

11 Fakta Negara Arab Saudi yang Mungkin Belum Kamu Tahu
http://blog.vokamo.com/

Penggunaan kalender Bulan Islam dimulai pada tahun 622 M, yaitu tahun Nabi Muhammad hijrah dari Mekkah ke Madinah. Tahun Islam dinyatakan dengan Anno Hejira, atau AH, yang sama dengan Anno Domini (AD), yaitu istilah bahasa Latin yang berarti tahun yang berdasarkan kelahiran Yesus Kristus.

9. Banyak kata dalam Bahasa Inggris yang merupakan serapan dari Bahasa Arab.

11 Fakta Negara Arab Saudi yang Mungkin Belum Kamu Tahu
http://annida-online.com/

Bahasa resmi Negara Arab Saudi adalah Bahasa Arab. Namun ternyata banyak kata Bahasa Inggris yang berasal dari Bahasa Arab contohnya alcohol (al-kohl), alchemy (al-kimiya), algebra (al-jabr), arsenal (dar as-sina’a), candy (qandi), coffee (qahwa), lemon (limun), sofa (shaffa), dan lain-lain.

10. Balapan Unta Memperebutkan Piala Raja.

11 Fakta Negara Arab Saudi yang Mungkin Belum Kamu Tahu
https://www.merdeka.com/

King Cup (Piala Raja) diperebutkan oleh 2000 pembalap yang melintasi lintasan sepanjang 19 km. Bukan sembarang balapan, melainkan balapan unta yang diadakan setiap tahun selama Festival Nasional Al-Jenandriyah di Saudi Arabia.

11. Perempuan memiliki kebebasan yang lebih sedikit dibandingkan laki-laki.

11 Fakta Negara Arab Saudi yang Mungkin Belum Kamu Tahu
https://m.tempo.co/

Di Arab Saudi wanita yang sudah menikah tidak boleh bepergian tanpa ijin dari suaminya, tidak boleh mengikuti pertandingan olahraga, bahkan tidak memiliki wakil dalam lingkungan pemerintahan. Mereka juga dilarang untuk mengemudi dan harus didampingi oleh laki-laki yang merupakan muhrimnya.

Namun akhir-akhir ini pemerintah Arab Saudi mulai menghembuskan banyak perubahan, misalnya pada tahun 2009, Raja Abdullah menunjuk Nour Al-Fayez sebagai Menteri untuk Pendidikan Wanita. Beliau merupakan wanita pertama yang ditunjuk untuk mengisi Majlis al-Shura, yaitu lingkungan dalam pemerintahan Arab Saudi. Selain itu, negara ini juga mengirimkan empat atlet perempuan ke ajang olimpiade yang berlangsung di Rio de Janeiro pada 2016 lalu untuk bertanding di cabang olahraga anggar, atletik dan judo.

Negara Arab Saudi memiliki hubungan persahabatan yang panjang dengan Indonesia. Tidak hanya sebatas bidang religi dan ekonomi, kerja sama Arab Saudi-Indonesia pun tumbuh subur di bidang pendidikan. Arab Saudi menyediakan banyak beasiswa bagi para pelajar Indonesia yang tertarik menimba ilmu di negeri tersebut. Nah, semoga beberapa fakta di atas membantumu untuk lebih mengenal sahabat Indonesia ini ya.

Indtimes

Leave A Reply

Your email address will not be published.